Gilotin Asli Dilelang di Prancis

Sebuah gilotin berusia 150 dengan bercak darah dilelang di Paris, Prancis, Rabu (12/07/2018) kemarin. Gilotin setinggi tiga meter yang pernah digunakan untuk mengeksekusi para kriminal di sepenjuru Prancis ini masih berfungsi dengan baik.

Lelang gilotin ini menjadi perdebatan di kalangan masyarakat Prancis. Rumah lelang Drouot membantah gilotin itu asli dan pernah digunakan untuk membunuh penjahat. Mereka berkilah kalau gilotin yang dilelang merupakan replika.

Tidak hanya itu, penggunaan gilotin untuk hukuma mati juga kembali menjadi perbincangan masyarakat setempat. Pemerintah Prancis secara resmi menghentikan hukuman mati menggunakan gilotin sejak tahun 1981. Tidak heran penjualan gilotin tersebut menjadi kontroversi yang mana masyarakat takut gilotin ini akan digunakan secara tidak benar.

Namun perdebatn tersebut tidak menghentikan penjualan. Gilotin ini dihargai 220.000 euro atau mencapai Rp 3,6 miliar. Uniknya, salah satu penawar harga untuk gilotin tersebut adalah penyanyi pop dunia Lady Gaga.

Sejak tahun 2012 pemerintah Prancis melarang penjualan barang-barang yang berhubungan dengan eksekusi mati di Prancis.

Gilotin atau di Prancis di sebut “Pemangkas Leher Nasional” merupakan sebuah alat yang digunakan kerajaan Prancis zaman dulu untuk menghukum para kriminal yang berkeliaran di Prancis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *