GWK Rampung Bulan Agustus

Perjalanan panjang dan berliku I Nyoman Nuarta membangun patung tertinggi di Indonesia, Garuda Wisnu Kencana akan segera tuntas. Pada bulan Agustus mendatang patung Garuda Wisnu Kencana akan selesai dikerjakan.

Selain yang tetrtinggi di Indonesia patung setinggi 121 meter ini juga disebut-sebut akan merebut gelar patung tertinggi di dunia yang saat ini dimiliki oleh patung Liberty di New York, Amerika Serikat.

Proyek ini menghabiskan dana sebesar USD 100 juta atau setara dengan Rp 1,3 triliun dan memakan waktu selama hampir 25 tahun. Kehadiran Garuda Wisnu Kencana di Bali diharapkan bisa menjadi tulang punggung pariwisata Bali dapat dikunjungi 6.000 wisatawan setiap hari.

Nantinya, Garuda Wisnu Kencana akan dilengkapi dengan berbagai sarana pariwisata seperti galeri dan museum. Akan ada juga restoran yang mampu menampung 500 orang.

 

Dengan berat 3.000 ton, patung ini juga dibekali teknologi anti gempa hingga 8 skala richter. Patungnya juga akan tahan hembusan angin, yang terkuat sampai 250 kilometer / jam dan sudah teruji dan tersertifikasi di Melbourne dan Toronto.

Salah satu orang di balik proyek ini, Ida Bagus Gede Budi Hartawan menjelaskan keberadaan patung Garuda Wisnu Kencana ini menjadi penting bagi Provinsi Bali karena patung ini menyimpan identitas Indonesia sebagai negara berbudaya yang harus dilestarikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *