Desa Wisata Terus Tumbuh di Bali

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prokades) memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi desa wisata.

Hal tersebutlah yang kini sedang berkembang di berbagai wilayah di Provinsi Bali.

“Jadi Prukades itu selama ini hanya melihat dari pertanian saja, tetapi sebenarnya tidak hanya pertanian tetapi juga ada perikanan tapi ada juga yang paling kita kerjakan adalah pariwisata,” kata Mendes.

Mendes Eko mengamati Prokades di Provinsi Bali sangat terasa progresnya dengan tumbuhnya homestay-homestay di kawasan desa wisata yang mampu menyaingi hotel-hotel bintang 3 dan 4 di kawasan perkotaan.

Berkembangnya Prokades berupa desa wisata tersebut terbukti dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan asing di desa wisata yang ada di Bali.

“Sekarang homestay yang dibangun dengan anggaran dana desa sudah bisa bersaing dengan hotel bintang 3 dan bintang 4 dan itu disukai oleh turis-turis dari mancanegara karena mereka bisa merasakan hidup dengan suasana pedesaan,” jelas Mendes Eko.

Ia juga menerangkan untuk semakin meningkatkan potensi dan kunjungan wisatawan asing di desa wisata, diperlukan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Dinas Pariwisata daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *