Kunjungan Wisman ke Sumatera Barat Terus Meningkat

Badan pusat statistik Sumatera Barat mengungkapkan wisatawan asing yang berkunjung ke Sumatera Barat didominasi dari Malaysia. Sejak Januari hingga Maret 2018 tercatat ada 10.235 wisatawan mancanegara asal Malaysia yang melancong ke Sumatera Barat.

“Kita beranggapan wisatawan asing banyak berasal dari Tiongkok, ternyata justru didominasi dari Malaysia,” jelas Kepala Badan Statistik Pusat (BPS) Sumatera Barat, Sukardi.

Selain Malaysia, pariwisata Sumatera Barat juga banyak diminati oleh wisatawan asal Singapura, sebanyak 909 orang (periode Januari – Maret), dan menempati posisi ketiga adalah Australia sebanyak 380 orang di periode yang sama.

Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumatera Barat juga tercatat lebih tinggi dibanding tahun lalu. Selama Maret 2018, terdapat 5.057 wisman, naik 13.41 persen.

“Kunjungan bulan Maret mengalami peningkatan jika dibanding bulan Januari 2018 yang hanya mencapai 4.459 orang,” kata Sukardi.

Meskipun jumlah kunjungan wisatawan asing terus mengalami peningkatan, dari industri makanan justru mengalami penurunan.

Data BPS menunjukkan industri makanan dan minuman turun sebesar 21,27 persen.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *